PROKER DIV. KEILMUAN

HIMPUNAN MAHASISWA PSIKOLOGI ISLAM 2024 

UIN RADEN MAS SAID SURAKARTA

Senin, 25 Maret 2024 Himpunan Mahasiswa Psikologi Islam(HMPS PI), Divisi Keilmuan telah mengadakan NGOPSI (Ngobrol Psikologi Asik) khusus bulan Ramadhan yang suci dengan tema “Regulasi Emosi Di Bulan Suci Ramadhan”bertempat di Gedung C. Ruang 1.04 UIN Raden Mas Said Surakarta. Di hadiri narasumber hebat dan luar biasa Bapak Ahmad Saifuddin, M.Psi., Psikolog selaku Dosen Psikologi Islam UIN Raden Mas Said Surakarta. Meskipun terdapat hambatan pada pamflet yang tersebar, acara NGOPSI tetap di mulai pukul 16:00 WIB, yang di hadiri kurang lebih 30mahasiswa/i yang berantusias mengikuti serangkaian kegiatan dalam forum tersebut. 

Setelah pembukaan oleh moderator, peserta yang telah menunggu bersama-sama duduk dengan keceriaan mereka. Bahkan tidak diragukan lagi semangat yang hadir dalam diri pmereka ketika salam pembuka terucap menyambut telinga. Lalu dengan antusias mendengarkan narasumber yang mulai menyampaikan materi terkait dengan isi dan tema yang di usung. 

Bapak Ahmad Saifuddin, M.Psi., Psikolog dalam paparannya menyebutkan, “Dengan regulasi emosi, kita akan lebih mudah memilah bahkan saat sedang dalam situasi yang yang tidak menguntungkan.” Selama pemaparan materi narasumber juga berhasil membuat para peserta lebih terbuka dalam melihat situasi-situasi yang menguntungkan bagi mereka lewat kacamata penglihatan pribadi. Para peserta juga diberikan cerita-cerita hebat sehingga bisa belajar untuk dapat mengendalikan emosi atau bahkan menciptakan emosi baru yang akan memanipulasi sebelumnya (kognitif change).

Acara tidak sepenuhnya berakhir sesaat setelah penutupan dari moderator. Karena setelah salam penutup dilontarkan, semua peserta berfoto bersama pemateri yang mengisi waktu dalam acara NGOPSI tersebut. Setelah sesi perfotoan, panitia telah menyiapkan minum dan makanan untuk berbuka puasa. Peserta juga antusias untuk turut serta dalam acara buka puasa bersama. Hingga saat adzan Maghrib berkumandang, panitia dan para peserta berbuka puasa bersama di satu tempat di ruangan tersebut. Betapa meriahnya acara NGOPSI kali ini di bulan suci Ramadhan. Acara NGOPSI berakhir sekitar pukul 18:30 WIB. Terimakasih atas partisipasi dari peserta yang menyempatkan waktu luangnya untuk menimba ilmu dan mengais pahala di acara NGOPSI. Semoga kelak ilmu yang didapat bermanfaat, aamiin